Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com

09 November 2007

Pengecekan Trouble Hardware


Kemarin pagi temanku kerja dari bagian QA ngomong sama aku kalau mousenya trouble alias nggak ke detek. Tak coba buka mousenya dalamnya kotor ,siapa tahu bisa eh ternyata tidak bisa juga . lalu aku coba cek manual dengan mouse yang lain ternyata juga tidak bisa.
Setelah pikir- piker aku cek semuanya lewat device manager, untuk pembaca yang belum tahu cara mengecek trouble hardware windows XP ikuti cara-cara berikut :


1. Buka Window Explorer, pada My Computer klik kanan pilh opsi manage dan segera namapak display Computer managemen. Dsini semua alat properti dll di control atau sebagai pusat control informasi
2. Pilih Device manager dan di kolom sampingnya terlihat semua control hardware yang berhubungan dengan computer dari monitor keyboard, mouse, kartu grafis (VGA), USB dll.
3. Perhatikan setiap device yang ada, bila ada suatu masalah pada hardware tersebut maka akan muncul tanda PERINGATAN ( ! ) atau TANDA TANYA ( ? ) DAN BERWARNA KUNING



4. Karena postingan ini dikomputer saya maka yg nampak trouble dan ada tanda tanya ( ? ) adalah USB front (memang lagi trouble, saya lupa meng install driver USB bawaan Motherboard), sedangkan kemarin karena yg trouble adalah computer bagian QA adalah mousenya maka ada tanda peringatan ( ! ) pada device mousenya
5. Untuk mengetahui troublenya klik device tersebut dan klik property maka akan namapak dialog box, dan lihat bagian device status yg berisi keterangan kesalahan atau ke error an pada devise tersebut. Artikan dan penuhi permintaan status tadi ,biasanya computer akan memnita driver yang belum terpasang.
6. Tugas anda mencari driver tersebut dan menginstalkannya. Bila driver nya sudah terpasang lakukan cek ulang dari awal lagi. Bila drivernya benar maka sudah tidak ada tanda Peringatan atau tanda Tanya pada device tersebut.
7. Kembali pada masalah mouse dari awal status devicenya kehilangan driver mouse vmouse.vxd dan terpaksa file tersebut kita cari pada windows yang sehat, setelah ketemu copy pastekan ditempat yang sama dan akhirrnya mouse dapat terdetek kembali oleh computer

Cara diatas tidak hanya berlaku untuk mouse saja bisa tetapi bisa untuk semua hardware yg ngonect ke komputer . Bila kita tidak mengenal jenis hardwarenya maka gunakan software PC WIZARD 2008 software tersebut dapat mendeteksi jenis, type dan pembuat sehingga kita bisa mencarikan driver tersebut. Untuk trouble device manager paling banyak karena driver, namun touble yg lain juga ada mungkin akan dibahas lain waktu aja.

Salam Blogger, budayakan untuk menulis


Related Posts by Categories :



1 komentar:

best phone apps said...

makasih banyak infonya ya...
ternyta hard juga sering banyak masalh ya...
link balik ya...hehe