Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com

10 April 2008

Mendeteksi Ram Rusak


Hari Minggu 30 maret 2008 ,aku mencoba lagi menguprek computer P4 yg dulu tak mau diinstall windows XP professional. Karena Komputer yg ada dibengkel sarang linux juga rusak dan eror, kasusnya begini :Jika computer di ON kan , proses bios berhenti setelah mendeteksi hardware yg terpasang, (bagian Primary master, Primary slave dan deteksi Secondary master ,secondary slave. ) setelah itu hank alias tak mau bekerja.

Kembali ke P4, computer ini sudah 2 bulan tak biarin nganggur karena sress tak mau diinstall XP ( rencananya untuk riset Linux) . Tapi karena terpaksa untuk kerja ya ahkirnya aku uprek lagi.


Masalahnya tidak mau diinstall XP adalah saat pencopyan file CD install kehardisk selalu berhenti karena tidak berhasil mengcopy 1 file missal : cannot copy agp440.sys, atau file yg lain kalu dilihat dari prosentase , di 3% berhenti trus di 7 % berhenti trus berulang ulang dan jika dininstall lagi dari nol posisi prosentasenya berbeda tidak selalu sama errornya pada saat pertama

Jika install sudah selesai dan mulai booting dari hardisk dan melanjutkan install, pasti blue screen dadengan kode error OXOOOOOOOOO74 (kalau tidak salah) ,dari rekomendasi sebuah buku, error tersebut karena RAM rusak. Tapi kenyataanya saat booting pertama tidak terdengar beep error ram jadi menurut saya oke aja ram nya.

Karena jengkel ahkirnya kucoba ganti ram computer yg lain dan ternyata memang bisa tanpa masalah pada pengcopyannya file di awal install jadi kesimpulannya :

RAM YG RUSAK PARAH ( mungkin ) akan dideteksi oleh CPU dengan bunyi BEEP ERROR CODE, tapi RAM yg Rusaknya kira-kira 30 % ,akan lolos diuji hardware saat booting tapi akan ERROR BILA DIGUNAKAN UNTUK MELAKUKAN PENGINSTALLAN, ATAU SERING BLUE SCREEN.

Itulah sekelumit tentang masalah RAM yg saya alami , semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


Related Posts by Categories :



3 komentar:

zals said...

betul mas,saya sudah hampir prustasi dengan itu,setiap kali mau di instal ada beberapa file yang tidak bisa..
perkiraan pertama dari hddnya,saya coba format ulang dan bisa diinstall,tapi masalhnya setelah masuk windows kadang bisa di akses kadang bluescreen..erornya stop:0x0000008e setelah di cek ternyata ramnya...


thx

wisnuwd.com

Anonymous said...

wah sama saya juga percis seperti ini,, ternyata ramnya,,,
terimakasih sangat membantu :)

Jefry said...

agak ribet juga ya caranya
trims sudah berbagi pengalaman