Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com

25 February 2008

Novell Client for XP



Di kantor, ada sebuah computer server yg ngonek kebeberapa 6 computer workstation, ada 3 komputer sebagai workstation tanpa Operasional system berarti booting lansung dari server, sedang 3 komputer lain booting pakai windows 98, dan bisa juga ngonek keserver. Sedang computer yg aku pegang memakai XP Prof yg Cuma ngonek Lan aja.

Hari Jumat bos staff produksi minta tolong cari informasi untuk win XP Prof agar bisa ngonek ke Komp server. Oh ya computer 98 ngonek ke server memakai Novell Client ( aku nggak tahu seri untuk Win 98, mungkin dibawah 4.9.0 ) . Dari pengetahuanku XP ndak mungkin ngonek keserver program database memkai novel, eh ternyata setelah aku goggling ternyata ada Novel Netware untuk XP versi 4.9.0, untung saja program ini masih free, diatasnya win prof sp 1 sudah mbayar lagi alias tidak gratis


Setelah download selesai selitar 12.8 MB, aku install dan restat muncul Login untuk masuk keserver tapi pesan eror xp tidak menemukan server yg dimaksud, alias blank selama satu hari aku otak atik terus tetap tidak bisa, ahkirnya nyerah deh…..

Kesokan harinya hari Sabtu, aku coba lagi karena aku yakin bisa ,ngonek Cuma belum ketemu setingannya,. Aku buka salah satu computer workstation yg ada win 98 nya dan disitu ada setingan bahwa ngonek ke server mengunakan IPX dengan Bindery . Untuk IPX aku sedikit tahu hamper sama dengan IP biasa, sedangkan Bindery aku ndak tahu maksudnya babarblas..

Novel ku intall ulang dengan pilihan custom alias milih sendiri, Koneksinya aku pilih IP dan IPX, sedangkan jalurnya memakai Bindery bukan DNS seperi dalam pilihan. Setelah restat dan ahkirnya bila login keserver dan berhasil

Sebenarnya aku ndak begitu paham tentang jaringan tapi ternyata bisa juga ngonekkan computer xp keserver,

Teman teman yg berkecimpung di dunia Jaringan mungkin tahu arti IPX dan Bindery , aku mau nimba ilmu nih biar ngerti sekalian, di goggle juga ada Cuma versi English agak sulit memahaminya. Mungkin ada yg punya tutorial dalam bahasa Indonesia bisa sharing kesaya, saya ingin belajar banyak tentang jaringan.

Bagi yg membutuhkan dan ingin mencoba silahkan ambil disini, donlot software dan cracknya, baca petunjuknya dan terapkan, oke :
Client 4.9 for Windows NT/2000/XP (21MB)
Contextless Login patch


Related Posts by Categories :



0 komentar: