Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com

14 February 2008

Beep bios



Tadi malam aku ke bengkel sarang linux untuk nangani computer yg sering trouble, dari suaranya ada beep tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit tit tit tit, begitulah kira kira suaranya. Aku mengira itu adalah ram nya bermasalah, sampai kuganti 2x ram nya tetap saja masalah, Karena ndak bisa terus ahkirnya kuputuskan untuk mencomot baterai cmos selama beberapa detik dan dipasang lagi,

Setelah itu beres dan tidak terdengar bios lagi berbunyi, tapi alhasil tampilan desktop jadi jelek sekali alias gambarnya blawur dan jelek ,setelah saya cek Cuma 4 bit, terang saja gbrnya jelek. Berarti VGA ada masalah maka kucari dan kupasang driver VGA nya kebetulan pakai Nvidia riva 128, setelah driver kupasang tetap tidak bisa, alias blawur gambare.


Ahkirnya kuputskan untuk mencabut dan memasang kembali VGA AGP 64 Mb, dan biasa pada tepi aku bautkan kencang, tetap tidak bisa. Setelah aku amati dengan cermat ternyata posisi VGA nya miring karena tertekan oleh baut pengunci. Setelah kukendorkan dan kuluruskan dan PC kunyalakan lagi ahkirnya bisa . Berarti kesimpulannya posisi VGA di slotnya sangat berpengaruh terhadap nyalanya PC.

Sekian sharing trouble pc saya moga ada yg bermanfaat dari trouble saya diatas. Bunyi Beep kalau digambarkan dengan garis : ---------------------------- -- -- --
Kode tersebut berarti VGA masalah terpasang atau pada posisi miring .


Related Posts by Categories :



0 komentar: