Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com

28 February 2008

Akibat duduk terlalu lama didepan computer



Pagi pagi buka email yg ada di yahoo, mendapat kiriman dari milis Yoyafree dari mas awiecie ,ada suatu hal yg menarik yang ingin kusampaikan yaitu efek duduk berlama lama didepan computer.

Chris Simmons seorang programmer Inggris asal Bristol, roboh setelah duduk selama 12 jam didepan computer, beruntung dia dapat diselamatkan tim dokter. Beberapa hari kemudian dia batuk darah, tim dokter menganalisa dia mengalami pulmonary embolism.
Kasus tersebut lebih umum disebut sebagai E – Trombosis.


Kejadian yg sama juga terjadi pada pemuda selandia baru juga hampir meninggal setelah duduk berjam-jam didepan computer. Sedankan kasus kematian pertama akibat E Trombosis terjadi pada pemuda 24 tahun asal Korea yg bermain game selama 80 jam secara marathon diberbagai café internet.

E Trombosis ditemukan oleh Richard Beasley dari Medical Research Insitute Selandia Baru. Kesimpulan dari E Trombosis adalah fungsi darah adalah sebagai pembawa zat makanan dan oksigen ke semua sel tubuh tetapi darah juga berfungsi sebagai pembeku darah . Sebagai pembeku akan diaktifkan bila jaringan tubuh ada yg luka. Di kejadian ini pembekuan darah terjadi didalam aliran darah dan pembukauan tadi akan menyumbat aliran darah terutama pembukuh darah yg kecil.

Dikasus Chris Simmons pembukan darah terjadi dan pembekuan darah tadi terbawa mengalir sampai masuk ke jantung dan sebagaian menyumbat pembuluh darah di paru-paru. Itu yg menyebabkan Chris roboh dan batuk darah .

Untuk menyikapi hal diatas yg harus kita lakukan adalah sesering mungkin mengerakan anggota tubuh saat kita duduk atau berjalan didalam ruangan kerja selama 5 / 10 menit setiap 1 jam, karena bila kita duduk pembekuan darah terjadi di bagian lutut bagian bawah atau bawah betis.

Saya sendiri sering merasa sakit bila terlalu lama duduk didepan computer, pinggang ku sering kumat alias boyoken…… Anehnya sakit pinggang bisa berkurang setelah saya melakukan Donor darah rutin dari PMI. Entah ada hubungannya sakit pinggang dan donor darah secara medis ,saya nggak tahu.

Untuk lebih jelanya artikel dapat diambil disini, semoga bermanfaat,
Saduran dari A. Taufik S.P, Alumnus Teknologi Pangan Universitas Padjadjaran


Related Posts by Categories :



2 komentar:

ptikunm said...

nice info om
kunjungnnya yh di ptik unm

Jefry said...

jadi duduk yang terlalu lama ternyata bisa sangat mengganggu kesehatan kita ya
terima kasih atas infonya