Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com

08 May 2008

Testing hardisk



Setelah testing tentang cdroom ,flowchart berikut ini tentang pengujian ide hardisk dari trouble trouble yg sering terjadi, dan saya alami diantaranya sbb :
1. Pemasangan Jumper Hardisk,apakah terpasang sebagai master atau sebagai slave, mengenai petunjuknya dapat dilihat di body hardisk tersebut
2. Pin yg bengkok juga dapat menyebabkan hardisk tidak terdeteksi,cek lebih teliti pin nya apakah bengkok atau ada yg hilang (saya pernah menjumpai pin hardisk yg patah)


3. Cek kabel datanya, coba gonta ganti ,pilih yg lemas (berserabut/ lembut)atau yg kaku (maaf saya tidak tahu typenya ) .Saya pernah menjumpai kabel data hardisk yg berlobang disalah satu kabelnya akibat konsleting, sekilas memang tidak tampak, tapi begitu diurutkan jelas kabelnya terputus Satu jalur.
4. Yang ini tampak mata, bila computer nyala ,lampu led dibawah hardisk akan menyala hijau (biasanya), kalau tidak ada nyala lampu berarti hardisknya rusak.

Berikut ini flowchart dari http://www.fonerbooks.com ,maaf nih meskipun kategori kopas (flowchartnya) ,saya tetap menghargai yg membuat, untuk yg diatas asli saya alami sendiri sebagai tukang servise computer .



Semoga berguna dan bermafaat

Related Posts by Categories :



4 komentar:

Junjung Purba said...

oya mas Edi, kebetulan sudah dua minggu ini hardisk saya bunyi keretek2 (bingung jelasinnya). Tapi performanya biasa aja, tidak ada gangguan. Hanya suaranya hardisknya itu lho bikin jengkel. Kira2 itu masalahnya dimana ya mas? Tengkyu sebelumnya...

edy said...

Untuk mas junjung,thank nih tambah semangat aja nulis postingan lagi. Untuk hardisk yg bunyi itu biasanya ujung headnya sudah mau rusak,alias kendor,mas siap siap aja backup data ke cd atau hardisk lain,emang saya belum bisa menyimpulkan bebrapa lama lagi life time hardik tsb tapi back up data lebih dahulu kan lebih aman.Thanks

Anonymous said...

iklan baris
iklan

kikils said...

artikelnya sangat menambah wawasan tentang hardisk