Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com

14 January 2008

Pclinuxos, Ubuntu 6.01, Ubuntu 7.10



Minggu kemarin aku dibuat pusing dengan Pclinuxos, karena tlak kucoba install di computer tetap tidak mau tampil, apalagi dengan ubuntu 601 sama saja tidak mau install meskipun hanya live CD.

Bengkel computer yg nantinya mungkin kuberi nama Sarang Linux adalah kerjasama dengan temanku untuk membuat usaha servise computer & rental computer dengan temanku dengan basic LINUX, . Usaha ini seharusnya sudah jalan setahun yg lalu tapi karena suatu hal jadi berhenti alias vacum. Usaha ini dimulai karena kondisi PT tempat aku bekerja semakin tidak menentu,dan setelah rembugkan kembali dengan temanku akhirnya mulai lagi.



Komputer P III ram 128 VGA PCI 4 MB, ternyata belum support sepenuhnya dengan linux versi terbaru. Ini kubuktikan dengan Install PClinux os tidak mau, apalagi dengan ubuntu 601, sama aja. Kupikir Ramnya tidak kuat ahkirnya aku pakai ram 256 punya komputerku dirumah. Setelah kupasang tetap tidak bisa.. Iseng iseng ganti CDroom (tanpa merk ) dengan CDRW asus miliku lumayan ada kemajuan cuman tetap tidak mau jalan live cd nya baik pclinuxos ataupun Ubuntu 6.01

Karena aku pusing ahkirnya kucoba install Ubuntu 7.10 yg kudonlot kemarin hari kamis selama 5 jam full nonstop pakai speedy. SAetelah ku install dari CD ini ada kemajuan bahkan sampai prosedur install sampai beres bisa meskipun sampai jam 10.00 tadi malam. Tapi setelah install selesai tetap tidaka mau jalan alias mau booting tapi berhenti di garis garis warna.

Setelah kupahami danku cermati ada indikasi bahwa VGA pci nggak support dengan ubuntu ini. Jadi ya tetap belum bisa pakai ubuntunya.

Dari kejadian diatas dapat saya simpulkan bahwa, install linux gampang gampang susah, tapi saya tetap ingin pakai linux. Untuk pakai linux harus : CD room baik speed 52x, (mendukung live CD ), ram harus 256 (128 bisa tapi lama banget), VGA dianjurkan onboard atau AGP dengan 32 MB, hardisk min free >5 GB. ProcesorMin P III 800.

Mungkin ini yg dapat saya sharingkan ( maklum Newbie ) belajar dari hal baru tentang linux.

Bila teman ada yg sudah ahli and pintar tolong sharingkan semua hal tentang linux kepada saya apalagi tentang tutorialnya, kalua bisa yg bhs Indonesia biar lebih cepat nangkapnya. Aku benar-benar butuh nih . Thanks

Related Posts by Categories :



0 komentar: