Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com

03 December 2007

Himem sys missing



Sabtu sore, ada 2 anak muda mampir kerumah sambil membawa cpu. Dia bilang bahwa komputernya eror tidak mau distart alias mati. Dia bilang habis kena virus dan ahkirnya tidak bisa dibuka lagi. Setelah mereka pulang ahkirnya kucoba menyalakan kompuiter itu


Setelah coba kuhidupkan, akhirnya bisa nyala, tapi terganjal di pilihan Safe mode, bila safe mode dijalankan mentok di eror dengan pesan himem.sys missing. Berulangkali aku restart hasilnya sama.

Setelah ku piker piker ngapain pusing-pusing soal himem sys yg hilang, ahkirnya kuputuskan untuk install ulang, dan terjadi kesulitan yg selam ini aku belum punya solusinya :
1. Di Bios pilihan booting sudah aku setting lewat cdroom untuk mau instalall xp Tapi begitu aku restat dan coba install ulang tetap tidak bisa install lewat cdroom. Ini beberapa kali aku ulangi sampai aku lelah sendiri
2. Setelah lama tidak bisa ahkirnya aku coba cek BIOS systemya, dan ketemu salah satu penyebabnya, Quick Booting nya enable. Ya terpaksa aku disable kan. Alu berharap bisa, eh tetap tidak bisa juga.
3. Karena aku jengkel kuputuskan untuk melepas baterai CMOS beberapa saat kemudian kupasang lagi dan coba restart lewat cdroom lagi, tetap tidak bisa lagi tuh.
4. Coba cek bios lagi di awal, dan tenyata ada yg eror, peesannya lupa Cuma intinya bahwa RAM nya ada masalah. Coba ku lepas ram dan kupasang lagi.
5. Kali ini action ku ada kemajuan , bisa masuk system operasi dan ternyata windows 98. Mengapa ya file himem sys nya sudah tidak nongol lagi ? apa hubunganya dengan eror dari ram ?, tapi untuk masuk windows normal udah bisa dan lancar.
6. Teringat pesan anak tadi, untuk install windows xp, ahkirnya ku restat lagi untuk install lewat cdroom dan format ulang , ya ampun tetap tidak bisa
7. Karena pusing akhirnya aku putuskan dengan cara upgrade dari windows 98, masuk windows 98 dulu, baru install (upgrade) tanpa format ulang hardisk dulu

Yg masih jadi PR saya untuk mencari solusi gimana: BIOS bootingnya sudah diset ke CDroom tapi tetap tidak mau install lewat cdroom, (bios system mungkin trouble)


Related Posts by Categories :



0 komentar: