Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com

22 October 2007

Mempercepat penyalinan data ( ketik ulang data )


Lama tidak menulis, akhirnya tanganku gatal juga untuk mengisi postingan. Sebenarnya cara yang saya beberkan ini cenderung lama atau bahkan basi mungkin bagi rental computer, namun dengan niat membagi ilmu saya mencoba menulisanya.

Di rumah saya buka usaha servis computer , ketik computer, edit video, cetak poto dll, . Beberapa bulan yang lalu saya mendapat job mengetik ulang Standar Operasional Prosedur ( SOP ) untuk sebuah rumah sakit swasta baru di Ngaliyan Semarang. Sebelumnya saya mengira bahwa order pengetikan tersebut Cuma 1 atau mungkin sampai 10 lembar, ternyata ordernya lebih dari 100 lbr. Saya bingung masak ngetik sampai 100 lembaran, apa tangan saya nanti tidak keseleo. Saat ini juga sedang mengerjakan tugas yang sama , pada proyek selanjutnya .


Setelah cari cari diinternet akhirnya ada informasi untuk membantu proses pengetikan menggunakan Scanner. Lho kok pakai scanner, bukankah scanner hanya untuk menyecan photo, gambar, ya memang benar tapi kelebihan scanner adalah bisa mengambil / mensecan huruf – huruf normal dan dijadikan file word, exel, rtf.

Program tersebut dinamakan Omni Page Pro atau OCR program tersebut ada dalam cd driver bila anda membeli scanner. Scanner yang saya pakai Canon N 640P ex ( 500 ribuan). Bila anda membutuhkan software tersebut kontak saya via YM nanti langsung tak kirimi, gratis. (tapi ada syaratnya, anda juga harus punya YM )

Cara Penggunaan Omni Page Pro
1. Scan data yang ingin diketik ulang,
2. Save, dalam format JPEG usahakan resolusinya minim 300 dpi.
3. Dari Omni juga langsung bisa scan. Tapi saya lebih suka scan semua data menjadi JPEG, baru kita memakai Omni
4. Dalam memakai Omni ada beberapa pilihan , mau otomatis atau manual
5. Hasilnyapun tergantung pada apa yang kita mau, jadi word, exel, ataupun rtf
6. Setelah documennya jadi, kita tinggal copy paste makalah tadi dan mengecek ulang setiap huruf nya, karena hasil Omni selalu ada yang salah dalam peng identitasan huruf, mungkin kalau sofwarenya baru mungkin hasilnya lebih sempurna

Bagi temen temen yang punya software lebih bagus dari Omni Page Pro, bisa bagi infonya , saya sangat berterimakasih banget.

Posting original 221007 by energiotak.



Related Posts by Categories :



1 komentar:

addam.baskoro said...

apa YM nya mas..
mau dong softwarenya...
addam.baskoro@yahoo.com